Selasa, 23 Maret 2010

Sistem ekonomi sebuah negara

7. Sebuah Negara mengelola perekonomiannya dengan menguasai sebagian besar sumberdaya ekonomi yang dimiliki Negara tersebut. Perusahaan-perusahaan yang terdapat di Negara tersebut sebagian besar merupakan perusahaan Negara yang berfungsi mengatur sebagian besar masalah konsumsi, produksi dan distribusi di Negara tersebut. Menurut anda, perekonomian tersebut menganut sistem ekonomi apa?

menurut saya sistem ekonomi yang dianut adalah sistem ekonomi terpusat, dimana merupakan suatu sistem ekonomi yang memiliki peran serta masyarakat di dalam kegiatan ekonomi dibatasi oleh pemerintah, pemerintah mengatur semua proses produksi, konsumsi, dan distribusi. Semua faktor-faktor produksi adalah pemilik pemerintah, sehingga untuk pemanfaatannya harus seizin/sepengetahuan pemerintah.

ada banyak sistem ekonomi di dunia ada sistem ekonomi tradisional, sistem ekonomi komando/ terpusat/sosialis, sistem ekonomi pasar/liberal/bebas, sistem ekonomi campuran, sistem ekonomi Pancasila.

salah satu ciri dari sistem ekonomi terpusat adalah faktor produksi dikuasai pemerintah, kegiatan ekonomi diatur pemerintah, dan jarang adanya krisis yang melanda. Share

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

GOOGLE TRANSLATE

English French German Spain Italian Dutch

Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified