Minggu, 27 Juni 2010

E -Commerce

Dikutip dari http://moch_wisuda.staff.gunadarma.ac.id
DefinisiElectronic Commerce (E-Commerce):
•E-commerce merupakansuatutindakanmelakukantransaksibisnissecaraelektronikdenganmenggunakaninternet sebagaimedia komunikasiyang paling utama(Robert E. Johnson)
•E-commerce berhubungandenganp’jualan, p’iklanan, pemesananprodukyang semuanyadikerjakanmelaluiinternet. (Gary Coulter & John Buddemeir)
•Kemampuanuntukmelakukanbisnissecaraelektronikmelaluikomputer, Fax, telepondsb. (Donna Perry)

RuangLingkupE-commerce
•Electronic Business, mrpknlingkupaktifitasperdagangansecaraelektronikdalamartiluas
•Electronic Commerce, mrpknperdaganganyang dilakukansecaraelektronik, mencakup:
-PerdaganganVia internet
-Perdagangandenganfasilitasweb internet
-Perdagangandengansistempertukarandata
terstruktursecaraelektronik

KerangkaDasarE-commerce
Aplikasie-commerce disusunberdasarkaninfrastruktur
teknologi, yaitukombinasiantarkomputer, jaringan
komunikasidansoftware komunikasi.
Infrastruktur:
a.Jasabisnisumum(prosespembelian& penjualan)
b.Distribusipesandaninformasi(pengiriman& pengambilaninformasi)
c.Isimulti media danpublikasijaringan
d.Information Superhighway

Jenis–jenisE-Commerce
•Business to business (B2B)
•Business to Costumer (B2C) melaluiinternet
•Costumer to Costumer (C2C)
•Government to Nation (G2N)

B2C :
•Disebutdengantransaksipasar
•Konsumenm’pelajariprodukyang ditawarkanmelaluipublikasielektronik
•Membelidenganelectronic cash& sistemsecure payment
•Memintaagar barangdikirimkan

B2B :
•Disebutjugatransaksiantarperusahaan
•TransaksinyamenggunakanEDI danemail untukpembelianbarangdanjasa, informasi& konsultasi
•Digunakanuntukpengirimandanpermintaanproposal bisnis.

KomponenE-Commerce
•Electronic Data Interchange (EDI), sbgpertukarandata antarakomputerantarberbagaiorganisasi
•Digital currency, memungkinkanuser untukmemindahkandananyasecaraelektronik
•Electronic Catalogs, mrpknantarmukagrafis(GUI) yang umumnyaberbentukhalamanwww berisiinformasitentangpenawaranprodukdanjasa.

KeuntunganE-commerce
Bagipengelolabisnis:
-Perusahaandapatmenjangkaupelanggandiseluruhdunia
-Efisiensi, tanpakesalahandantepatwaktu
Bagikonsumen:
-Hargalebihmurah, belanjacukuppadasatutempat
Bagimanajemen:
-Peningkatanpendapatan& loyalitas
pelanggan

KelebihanE-Commerce
•Otomatisasi, menggantikanprosesmanual
•Integrasi, meningkatkanefisiensi& efektifitasproses
•Publikasi, memberikanjasapromosi& komunikasiatasproduk& jasayang dipasarkan
•Interaksi, pertukarandata/informasiantarberbagaipihakyang akanmeminimalkan“human error”
•Transaksi, kesepakatanantara2 pihakuntukmelakukantransaksiygmelibatkaninstitusilain. Share

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

GOOGLE TRANSLATE

English French German Spain Italian Dutch

Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified