Selasa, 23 Februari 2010

MeningkatNya Permintaan Laptop namun tidak diikuti dengan meningkatnya kebutuhan akan Sofware Original

Kegiatan manusia dalam kegiatan ekonomi pokok dapat dikelompokkan menjadi Tiga macam:

1. Kegiatan produksi
2. Kegiatan Konsumsi
3. Kegiatan pertukaran


FaktorPENGGERAK bagi adanya aktivitas ekonomi adalah KEBUTUHAN

Kebutuhan manusia itu tidak terbatas, satu kebutuhan terpuaskan tiga atau empat kebutuhan lainnya muncul. Salah satu contohnya Laptop, ketika Pameran di JCC beberapa waktu lalu saya melihat animo/permintaan masyarakat akan Laptop meningkat drastis dikarenakan harga doLLar pada saat itu menurun hingga kisaran Rp.9400/dollar. Otomatis semua produk Laptop turun harga. Coba kiTa bandingkan beberapa tahun lalu ketika dollar kita pada kisaran Rp 12000/dollar. wow, harga laptop saya acer tipe 4736Z kisaran kurang lebih $550 jika dikurs rupiah seharga Rp 6.600.000 jika dibandingkan dengan dollar sekarang Rp9400/dollar laptop tersebut seharga Rp 5.170.000. Hukum ekonominya adalah jika harga Turun maka DAYA Beli Masyarakat Meningkat.

Saya lihat kenyataan tersebut ketika sedang ada pameran komputer di JCC pada November 2009. Masyarakat berbondong-bondong datang ke JCC dikarenakan Laptop adalah gaya hidup, sekaligus kebutuhan yang menunjang kehidupan baik dikantor maupun di rumah dikarenakan sifatnya yang mobile(dpt dibawa kemana saja/ kapan saja).

Mengapa saya dapat menyimpulkan bahwa permintaan akan Sofware terutama Sofware SIstem Operasi menurun drastis ???

itu dikarenakan mayoritas Laptop yang dijual pada pameran JCC Novenber 2009 lalu tidak disertakan dengan Sofware Sistem operasi. Namun banyak produsen Laptop menyertakan laptop mereka dengan Sistem Operasi LinuX. Sehingga harga laptop tersebut menjadi Lebih-lebih murah lagi.

KesimPulan saya adalah Bahwa masyarakat memiliki kebutuhan yang sangat banyak, sehingga Produsen berusaha memenuhi kebutuhan tersebut, dan berusaha meningkatkan daya beli masyarakat dengan menurunkan Harga. Menurut para Produsen Komputer Harga dapat diturunkan dengan menginstal Sofware Sistem Operasi yang Gratis/free tanpa harus membeli Lisensi Sofware sistem Operasi yang berbayar.

Adanya keterbatasan sumber daya menimbulkan nilai dari sumber daya itu. Nilai ini tergantung dari seberapa banyak kebutuhan manusia dan seberapa banyak keterbatasan sumber daya Share

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

GOOGLE TRANSLATE

English French German Spain Italian Dutch

Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified