Senin, 22 Maret 2010

kelangkaan sumberdaya dan mengelolanya agar efisien

2. Anda mempunyai anggaran sebesar Rp. 300.000 setiap bulan, sementara anda mempunyai bermacam-macam kebutuhan untuk hidup anda selama satu bulan. Anda harus menentukan secara cermat penggunaan anggaran yang anda miliki agar kebutuhan anda dalam satu bulan dapat dipenuhi secara optimal. Dalam konteks ini, mana yang termasuk dalam kelangkaan sumberdaya dan mana yang termasuk usaha mengelola sumberdaya yang langka secara efisien ?


Ini merupakan kasus kelangkaan sumber daya. Seseorang harus bisa mencukupi kebutuhan hidupnya hanya dengan Rp 300.000 per bulan. Ada 3 tingkat kebutuhan manusia yaitu, primer yang merupakan kebutuhan pokok seperti kebutuhan makan dan minum, sekunder yang merupakan pemenuh kebutuhan setelah kebutuhan primer terpenuhi, dan tersier(kebutuhan setelah kedua kebutuhan lainnya terpenuhi).

Seseorang harus bisa memprioritaskan kebutuhan yang lebih Pokok/diutamakan/primer. Seseorang tersebut harus bisa mendahulukan kebutuhan akan Pangan(makan minum) daripada membeli mobil/perhiasan, dengan kata lain, ada kebutuhan primer yang harus segera dipenuhi seperti makan dan minum yang merupakan kebutuhan dasar jasmani seseorang.


Jadi, yang merupakan kelangkaan sumber daya adalah kebutuhan sekunder yang tidak dapat terlaksanakan dikarenakan alat pemuas kebutuhannya(berupa uang 300.000) hanya cukup untuk memenuhi kebutuhan Primer. Dan yang merupakan usaha mengelola sumber daya yang langka secara efisien adalah penggunaan anggaran Rp 300.000 itu secara hemat dan menetapkan skala prioritaskan tiap-tiap kebutuhan, agar menjadi efisien dan dapat memenuhi kebutuhannya. Share

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

GOOGLE TRANSLATE

English French German Spain Italian Dutch

Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified