Senin, 22 Maret 2010

EKONOMI Makro & Mikro

3. Sebulan perusahaan memanfaatkan sumber air alam untuk menghasilkan air minum kemasan. Perusahaan yang memproduksi air minum kemasan ini termasuk satu-satunya perusahaan ada di pasar. Perusahaan tersebut menentukan harga air minum kemasan yang dihasilkan dan ia memperoleh keuntungan. Perusahaan lain yang memproduksi air minum kemasan bermunculan karena perusahaan yang terdahulu mampu menciptakan keuntungan. Perkembangan perusahaan air minum kemasan memberikan sumbangan (kontribusi) kepada produksi nasional (pendapatan nasional). Di samping itu, munculnya perusahaan yang memproduksi air minum kemasan ini akan menciptakan lapangan kerja bagi masyarakat. Dalam konteks ini, mana yang termasuk pembahasan ekonomi mikro dan mana yang termasuk dalam pembahasan ekonomi makro ?


- Ilmu ekonomi mikro adalah cabang dari ilmu ekonomi yang mempelajari perilaku konsumen dan perusahaan serta penentuan herga-harga pasar dan kuantitas faktor input, barang dan jasa yang diperjualbelikan.

- Ilmu ekonomi makro membahas aktivitas ekonomi secara keseluruhan, terutama mengenai pertumbuhan ekonomi, inlfasi, pengangguran, berbagai kebijakan perekonomian yang berhubungan, serta dampak atas beragam tindakan pemerintahan.

- Menurut saya, pembahasan ekonomi mikro kasus di atas adalah dimana perusahaan air mineral tersebut dapat memberikan kontribusi kepada pemerintah/nasional melalui pajak sebagai pendapatan nasional. Tentunya dengan memanfaatkan sumber daya alam negeri. Sedangkan pembahasan ekonomi makro menurut saya berdasarkan kasus di atas yaitu perusahaan air minum tersebut secara berkala menciptakan keuntungan, yang menyebabkan munculnya perusahaan air minum lain, yang secara pasti membutuhkan SDM lebih banyak, secara otomatis pasti menciptakan lapangan pekerjaan bagi masyarakat. Share

1 komentar:

  1. salam kenal mas bro. hahaha. maaf itu cuma tugas kuliah saya. jika ada yang salah mohon direfisi. salam dari andhika Alumnus SI univ. Gunadarma '08

    BalasHapus

GOOGLE TRANSLATE

English French German Spain Italian Dutch

Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified